menubar

Berita Hino

Bus Hidrogen Hasil Pengembangan Toyota dan Hino


TOKYO - Penerapan teknologi berbahan bakar hidrogen tak hanya diterapkan Toyota pada mobil. Kali ini, Toyota bekerja sama dengan Hino menerapkan pada kendaraan yang lebih besar, yaitu bus.

Seperti dilansir dari Autosblog, Kamis (23/7/2015), Toyota belum lama ini mengetes bis bertenaga hidrogen. Rupanya raksasa automotif Jepang ini sangat serius mengembangkan bus tersebut.

Awalnya, dua perusahaan ini melihat banyak orang di seluruh dunia menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas. Otomatis kebutuhan akan angkutan umum yang ramah lingkungan pun terhitung besar.

Hidrogen menjadi pilihan karena bahan bakar diesel dan bensin diyakini tidak terlalu ramah lingkungan. Sementara jaringan listrik belum tersedia secara massif.

Pada dasarnya, bus Toyota FC dikembangkan dari bus Hino hybrid dengan Toyota Fuel Cell System dari Mirai. Hasil pengolahan hidrogen di sistem itu mampu menghasilkan teknologi listrik yang berguna sebagai tenaga kendaraan.

Rencanannya bus hidrogen akan diuji coba di Tokyo, Jepang, pada 24-30 Juli 2015. Dengan uji coba ini, Toyota dan Hino berharap dapat mempercepat pengembangan teknologi bus hidrogen untuk segera membawanya ke pasar.

sumber artikel: http://autotekno.sindonews.com/read/1025527/120/bus-hidrogen-hasil-pengembangan-toyota-dan-hino-1437623061